Minggu, 08 April 2012

Manusia dan Keadilan

            Apa sih adil itu? Apakah manusia bisa berlaku adil? Sejauh mana manusia bisa berlaku adil?
Adil adalah sikap atau perbuatan yang tidak melebihi atau mengurangi, seimbang, pas, tidak ada yang diuntungkan dan dirugikan, sama sama untung, sama sama rugi, begitulah deskripsi menurut penulis. Namun dalam arti sebenarnya, keadilan berasal dari bahasa Arab adil yang artinya tengah. Keadilan berarti menempatkan sesuatu di tengah-tengah, tidak berat sebelah atau dengan kata lain keadilan berarti menempatkan sesuatu pada tempatnya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), keadilan berarti (sifat perbuatan, perlakuan) yang adil. Keadilan berarti perilaku atau perbuatan yang dalam pelaksanaannya memberikan kepada pihak lain sesuatu yang semestinya harus diterima oleh pihak lain.
Didalam kehidupan tentunya sangat sulit dalam meneladani sikap adil, karena adil harus dibarengi dengan sikap jujur dan bijaksana. Jika seorang manusia tidak berlaku adil, maka akan banyak sekali timbul perselisihan, suatu contoh nyata seorang manusia yang harus bersikap adil adalah seorang Hakim. Seorang Hakim harus pintar, jujur dan bijak dalam menentukan dakwaan dan hukuman, dan harus melihat efek kedepannya.
Jika kita perhatikan alam raya sekitar kita, maka akan kita dapatkan prinsip adil menjadi ciri utama keberlangsungan dunia. Malam dan siang, gelap dan terang, panas dan dingin, basah dan kering, bahkan udara tersusun dalam susunan keseimbangan yang masing-masing pihak tidak ada yang mengambil atau mengurangi hak sisi lain.
Kita sebagai manusia harus selalu bersikap adil dan bijaksana untuk menjaga dan melestarikan kelangsungan hidup manusia dan tempat manusia itu tinggal. Adalah menjadi tugas pengelenggara Negara untuk menciptakan keadilan. Tujuan bernegara Indonesia adalah terpenuhinya keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini dapat diketahui baik dalam pembukaan UUD 1945 maka Negara yang hendak didirikan adalah Negara Indonesia yang adil dan bertujuan menciptakan keadilan sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar