Kamis, 08 Maret 2012

Manusia dan Kebudayaan

Manusia dan Kebudayaan
Manusia merupakan makhluk sosial yang saling ketergantungan terhadap semua hal, tidak bisa dipungkiri, manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia membutuhkan alam sekitar, teman, dan lingkungan untuk memenuhi kebutuhannya. Seiring perkembangan kelangsungan hidup manusia di alam semesta ini, manusia membentuk kehidupan yang berkelompok, bersuku bahkan membentuk suatu organisasi kemasyarakatan sehingga skema kehidupan berjalan sebagaimana mestinya.
Dalam kehidupan bermasyarakat, manusia akan mengenal suatu kebiasaan yang dianggap suatu keharusan dan sakral, bahkan terkadang dijunjung tinggi, yang biasa disebut budaya. Budaya sangat erat hubungannya dengan adat istiadat, seseorang akan dianggap dan diterima dengan baik di masyarakat apabila menjalani dan menghormati sistem adat istiadat dan kebudayaan yang dianut.
Kebudayaan tercipta dari kebiasaan manusia, namun untuk membedakan kebudayaan itu baik atau tidak, manusia akan menggunakan akal dan kepercayaan, namun hati nurani menjadi filter untuk terciptanya kebudayaan yang baik.
Manusia memiliki sifat dan kebiasaan yang sangat kompleks, sehingga kebudayaan sangat beragam dan unik, tanpa adanya manusia, kebudayaan tidak akan tercipta.
Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kebudayaan yang sangat beragam dan sangat sakral, baik dalam masyarakat maupun dalam pemerintahan, berbagai macam suku bangsa, bahasa dan kepercayaan yang dianut adalah faktor utama terbentuknya kebudayaan di Indonesia.
Namun sayang sekali, kebanyakan generasi muda saat ini tidak mengenal dan jarang sekali yang memahami keberagaman budaya di Indonesia adalah kekayaan negara yang patut dijaga hingga akhir masa. Memang ada, namun hanya segelintir dan dianggap “jadul”.
Saya berharap kepada seluruh generasi muda, agar terus gencar mempertahankan budaya Indonesia, karena budaya adalah kekayaan negara yang harus dijaga.




                                                  Salam,
                                                  nfirmansyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar