Kamis, 15 Maret 2012

KONSEP ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN


    Manusia harus mempelajari banyak Ilmu pengetahuan baik di Ilmu Alam maupun Ilmu Sosial, pada bidang Ilmu sosial terdapat Ilmu Kebudayaan yang sangat erat hubungannya dengan Seni. Pada waktu menggunakan karya sastra, seseorang tidak perlu mengetahui sejarah sastra, teori sastra, kritik sastra, dan sebaginya. Dalam Ilmu Budaya Dasar sastra tidak diajarkan sebagai salah satu disiplin ilmu. Sastra disini digunakan sebagai alat untuk membahas masalah-masalah kemanusiaan yang dapat membantu mahasiswa untuk menjadi lebih manusiawi.

    Sastra merupakan bahasa yang mempunyai kemampuan untuk menampung seluruh kegiatan manusia karena sifatnya mudah dipahami. Salah satu contoh ilmu Sastra adalah Prosa dan Puisi. Contoh Prosa seperti dongeng, hikayat, sejarah, cerpen, novel, biografi, menceritakan sebuah kegiatan dan kehidupan yang dialami manusia tergantung dari macam dan fungsi jenis prosa itu. Sedangkan Puisi lebih mengarah kepada Syair, Ungkapan, irama, kata-kata yang berjiwa dan bernilai, yang lebih kepada pendekatan mental spirit seseorang dan sarat akan nilai-nilai etika, estetika dan juga kemanusiaan.

    Aplikasi dalam kehidupan sehari-hari banyak dipraktekan di Bidang Pendidikan terutama Bahasa dan Seni, dari tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Sehingga banyak karya sastra yang menjadi tumpuan hidup, pedoman, hobi dan bahkan menjadi suatu cara seseorang untuk mengungkapkan suatu hal yang sulit diungkapkan. sehingga pemakaian sastra dalam bidang kehidupan Sosial dan Budaya sangatlah penting.

                                                                                                                                                 nfirmansyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar