Kamis, 26 April 2012

Manusia dan Tanggung Jawab


Hidup dan kehidupan merupakan hal yang tidak boleh main – main, sedetik waktu yang kita lalui akan dipertanyakan dan dipertanggungjawabkan, apapun yang kita perbuat pasti akan dipertanggungjawabkan, semua itu sudah menjadi bagian dari aturan dan rasa sebagai manusia.
Setiap manusia harus mempunyai rasa tanggung jawab, dimana rasa tanggung jawab itu harus disesuaikan dengan apa yang telah kita lakukan. Tanggung jawab adalah suatu sikap yang ditunjukkan seorang manusia dalam melakukan perbuatan. Sehingga sebuah tanggung jawab pasti dipikul oleh setiap manusia, sehingga manusia harus memperhitungkan apa yang telah diperbuat.
Tanggung jawab diawali dengan tanggung jawab terhadap diri sendiri, kemudian kepada orang lain, kepada keluarga, kepada lingkungan, kepada negara, dan yang paling penting adalah tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Banyak pengabdian dan pengorbanan untuk mewujudkan sebuah tanggung jawab, namun seseorang yang senantiasa bertanggung jawab terhadap semua hal pasti hidupnya akan penuh berkah dan anugerah.
Mulailah dari diri sendiri, karena percuma apabila kita menasihati orang lain, sementara diri kita belum menjadi orang yang  bertanggung jawab. Dan bersyukur serta bersabarlah dalam menjalaninya, yakinlah bahwa seorang manusia tidak pernah lepas dari rasa tangung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar